Senin, 08 Juli 2013

Tips Merawat Radiator CB150R


Assalamualaikum

Artikel Request dari salah satu komentator di artikel-artikel sebelumnya, setelah posting artikel Cara Membuat CB150R Panjang Umur artikel ini juga terkait dengan umur CB bro bikers semua, Mengapa?? Oke sebelumnya biar saya jelaskan apa itu radiator, radiator itu adalah bagian vital pada kendaraan yang berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin dengan menggunakan air (air yang dimaksud bukan air mineral) sehingga mesin kita bisa bekerja pada suhu optimal, performa terbaik dan membuat motor irit pelumas serta bahan bakar, bagaimana jika radiator kita tidak terawat dan tidak bekerja dengan baik?? Tentu saja jawabanya adalah mesin menjadi overheat (panas) apalagi jika radiator bocor, maka mesin kendaraanpun bisa terkena imbasnya yaitu mesin jebol.
Baik siapapun disini pasti tidak ingin kan mesin motornya sampai jebol, maka dari itu rawatlah radiator mesinmu agar tetap bekerja dengan maksimal dan benar, berikut beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan oleh bro bikers semua :
  • Kuras Air Radiatormu
Caranya mudah, dengan membuka baut pengurasan radiator yang terdapat di sebelah kanan mesin.

Perhatikan air radiatormu jika warna masih hijau dan kondisi air bening maka air radiatormu masih dalam keadaan baik, dan jika warna air tersebut sudah berwarna coklat dengan kondisi keruh maka sudah saatnya air radiatormu diganti.
Pasang kembali baut pembuangan air radiator dan isi radiatormu sampai penuh dengan air pendingin, sampai air tumpah sedikit dari mulut radiatormu (Disarankan menggunakan pendingin resmi).


  • Cuci Radiatormu Dengan Hati-hati
Perhatikasn ketika bro bikers semua mencuci motor di bagian radiator, atau yang sering mencuci motornya ke tukang cuci. Disarankan untuk tidak menyemprot bagian radiator dengan air bertekanan tinggi! Lebih baik cuci sendiri motor kita, gosok permukaan radiator dengan sikat gigi bekas yang halus secara vertikal dan semprot radiator dari bagian belakang ke depan, mengapa?? Karena jika kita terlalu sering menyemprot dari bagian depan makan kotoran bisa masuk lebih dalam lagi. Ingat kita harus sabar dalam menggosok radiator kita dan lakukan secara perlahan!


Jika radiator bro bikers semua sudah kotor cukup parah (coklat kehitaman) bro bisa menggunakan "Degreaser" di lumasi di setiap bagian radiator agar radiator bersih kembali.


Perhatian, menggunakan degreaser haruslah saat kondisi radiator benar-benar kotor luar biasa karena degreaser mengandung chloride yang bisa mengikis logam dan jangan lupa gunakan sarung tangan karet (surgical gloves)!

  • Cover radiator itu penting Bro

Mengapa penting? karena cover radiator itu bisa membantu radiator mesinmu untuk terlindungi dari impact (benturan) batu kecil dan kerikil di jalanan, karena jika tidak hal ini tentu akan membuat kisi-kisi radiator menjadi bengkok dan penyok! jika memang sudah terlanjur penyok maka sebisa mungkin luruskan kembali kisi-kisi tersebut dengan hati-hati menggunakan pinset atau apapun yang berbentuk kecil (kurang disarankan). 
Ingat, memasang cover radiator bukan berarti radiator kita jadi maintenance free (bebas perawatan) tentu saja harus selalu dibersihkan secara berkala. Buat Sendiri Cover Radiator untuk CB150R.

  • Automatic Cooling Fan Jangan Ketinggalan

Karena CB sudah dilengkapi dengan Automatic Cooling Fan, maka jangan luput pula dari perawatan. Caranya mudah jika motor sedang dicuci maka siram kipas dan bersihkan secara perlahan-lahan. 
Sesudah itu tunggu kipas sampai agak kering dan setelahnya kita bisa memberi pelumas seperi WD-40 pada bagian as kipas tersebut (air dan pelumas tidak akan membuat kipas konslet).

Bagaimana bro bikers? Mudah bukan untuk dilakukan? tidak harus sering kok untuk membersihkan radiator 2-3 bilan juga sudah cukup! Silahkan langsung periksa radiator CBmu sekara bro, semoga tips dari saya ini bermanfaat dan berguna untuk bro bikers semua!

Thank You very much and Keep the fire burn the roads!

41 komentar:

  1. luar biasa bro ini setiap tipsnya keren . . . two thumbs up buat bro yang perhatian sama tunggangannya . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih bro, semoga informasi saya bermanfaat dan berguna!

      Hapus
  2. thanks gan infonya,, jgn bosen2 kasih info...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja bro, sesama bikers haruslah saling membantu

      Hapus
  3. [̣̇o̲̲̲̅]̣̇[̣̇κ̲̲̲̅]̣̇[̣̇e̲̲̲̅]̣̇‎​ (ง'̀⌣'́)•-̶̶•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶̶(y) bgt...
    Makasih bgt bro infonya..

    BalasHapus
  4. siip deh, dlanjut lagi gan info dan tipsnya..
    all: maaf lahir bathin ya dan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1434H buat yang muslim. yang non, abaikan aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat menjalankan ibadah puasa 1434H juga bro, Mohon Maaf Lahir Batin!

      Hapus
  5. Bro, air radiatornya di ganti rutin jangka waktu berapa tu,trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajarnya itu 8 bhulan sekali, tapi sering di cek aja bro karena pemakaian juga berpengaruh

      Hapus
  6. bro motor ane di pembuangan itu kadang netes entah oli atau air radiatornya?
    soalnya kejadian baru 3hari yg lalu dan srg netes kalo hbs dipake,, thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lebih baik diperiksakan saja ke bengker resmi, karena saya kurang tahu percis bagaimana air yang menetes pada motor bro ini

      Hapus
  7. Assalamualaikum Kang eka , cover radiator harganya berapaan ya kira" ?? Trus bisa dibeli di dealer resmi honda ga kang??
    Mohon infonya ya kang.. Thank's b4
    This is Nice blog, to all chiby user......

    BalasHapus
  8. sangat bermanfaat bgt ni bro atas tipsnya ... Tanks bro

    BalasHapus
  9. klo ngisi air radiator langsung dari radiatornya,terus kompan coolant yg di bawah jok dekat mesin itu buat apa gan???ty

    BalasHapus
  10. Bro radiator mtor sy penyok bro. Gara" d'jail'in tmn n wrnaya udah hitam bngt bro mau mbetulkan ngk bisa. Apa sy perlu bwa radiator sy ini ke ahli radiator

    BalasHapus
  11. bro klo auto fan nya gak nyala gimana?

    BalasHapus
  12. bro….ane mw tanya nih. motor ane CB 150R, belakangan ini lagi ada kendala sama radiator motor ane. jadi klo posisi jalanan lancar, amper meter nya normal ( di posisi 3 strip), tapi klo posisi jalanan macet,, amper meter nya jadi naek ( bisa 4 strip, bahkan bisa 6 strip / over hit ). aer radiator ane full. itu kira2 kendala di apa nya ya?? problem di radiatornya mampet kah?? atau kipas nya ga berfungsi ??
    mohon info nya bro. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan fan nya mati bro. Harus nya macet pun meter heat ga akan naik diatas 3.

      Fan nyala bisa disebabkan:
      1. Kondisi jalan macet.
      2. Konsumsi bbm. Ane pake vpower fan nya sering nyala. Kalo pake shel super, nyala tapi lebih jarang.
      3. Penambahan bodykit kayak half fairing atau full fairing.
      4. Cover radiator bahan plat besi atau sejenis bisa mempengaruhi. Lebib baik yang model kawat nyamuk aja.

      CMIIW

      Hapus
  13. tutorialnya kurang dimengerti gan, awalnya oke,dengan membuka baut pengurasan radiator yang terdapat di sebelah kanan mesin, trus langkah selanjutnya mana ? kok tiba-tiba sudah ganti motor vario yang udah diisi oil cooler??
    langkah lepas radiator cb150r nya mana? mulai proses lepas selang, lepas radiator, sampai pasang kembali,,
    kok ada juga kipas milik vixion nampang disini ? kan judulnya "Tips Merawat Radiator CB150R"...

    BalasHapus
  14. Mantaf infonya mas bro. Tqiuuuu

    BalasHapus
  15. Cb 150 saya overhat bro.apa radiatonya .apa ada kendala yg lain.sama kasusnya ama si mas inggrid.saat lancar normal.jalan macet overhat naik lima stip...mohon ingonya

    BalasHapus
  16. Cb 150 saya overhat bro.apa radiatonya .apa ada kendala yg lain.sama kasusnya ama si mas inggrid.saat lancar normal.jalan macet overhat naik lima stip...mohon ingonya

    BalasHapus
  17. Cb saya juga bermasalah bang,,blog ini sangat membantu saya,,Terima kasih..

    BalasHapus
  18. numpang tanya, tmpat warna putih d bwh mesin dpan sock breker tu tmpat pa n gunanya pa, matur suwon

    BalasHapus
  19. Numpang tanya..motor saya all new cbr 150 lokal..setelah ganti muffler racing fan coolingnya kok mati...it knp?

    BalasHapus
  20. Klo kipasnya itu berputarnya saat mesin di nyalakan ato waktu motor sudah berjalan????soalnya punya saya tidak berputar klo pas mesin d nyalakan....maaf masih newbie....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fan nyala apabila mesin terdeteksi sudah panas bro.
      Kalo mesin baru nyala atau meter heat baru naik sampe 3 ga akan nyala.
      Tapi klo udah jarak tempuh jauh dan lama trus kena macet dll, pasti bakal nyala.

      CMIIW

      Hapus
  21. Degreaser sama wd 40 beli dimana ? Harganya berapa ya !
    Radiator sy sudah kotor banget. Tapi maks 3 strip terus hehe

    BalasHapus
  22. Bro klau fanny bunyi itu knp y bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunyinya kayak gimana bro? Klo fan nyala dan suara udah mulai2 mencurigakan, semprot aja as motor fannya pake wd40. Nanti juga ilang.

      Gue pribadi menyarankan cover radiator pake yg modelnya kyk kawat nyamuk dibanding yang model plat besi. Jadi ga ngeganggu sirkulasi udara buat masuk ke kisi2 radiator.
      Dan juga klo lagi agak senggang, boleh lah sesekali sempetin waktu buat bersihin kisi2 radiatornya. Biar kotoran ga numpuk. Selain bersih dan adem ngeliatnya, adem juga buat si radiator buat bekerja.

      Hapus
  23. Saya mau tanya kenapa radiator saya tidak menyala saat mesin panas.. di tanya ke org ahas. Radiator nyala pas mesin di titik 120°C, apa benar.. Cianjur - bandung mesin panas radiator masih tetap diam. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama sirkulasi udara lancar ke radiator lancar dan temperatur masih 3 bar, kipas belom tentu nyala. Kecuali klo udah 4 bar lebih tapi kipas ga nyala, baru laporin ke ahas minta klaim selagi masih ada waranty.

      Hapus
    2. Selama sirkulasi udara lancar ke radiator lancar dan temperatur masih 3 bar, kipas belom tentu nyala. Kecuali klo udah 4 bar lebih tapi kipas ga nyala, baru laporin ke ahas minta klaim selagi masih ada waranty.

      Hapus
  24. Maaf bro. Air radiator lebih baik di ganti brapa bulan sekali

    BalasHapus
  25. Hallo Selamat Siang,

    Saya ada pertanyaan tentang masalah radiator ini, namun tidak berkaitan dengan tutorial di atas.

    Saya baru beli motor Honda CB150R SE, baru satu hari digunakan (penggunaan baru test drive jarak hanya sekitar 3km) sudah terjadi masalah pada unit ini. Yakni adanya panas berlebih pada selang radiator, sempat keluar asap putih juga. Yg terjadi, selang radiator terasa lengket mungkin karena efek panas. Bicara dengan pihak dealer, disampaikan bahwa hal ini adalah hal yg biasa terjadi pada motor baru khusunya CB150R ini. Apa benar demikian? Karna saya agak awam mengenai mesin dsb.

    Mohon bantuannya, terimakasih

    BalasHapus
  26. Mas bro.. Mau tnya... Cb150r saya kalo di gas full suaranya kya gk normal gtu yah.. Gmna ngomong nya yah... Suara normal nya kan gini ngeeeeeeeng.... Kalo motor ane gas full ngeng ngeng ngeng... Ngedrag gitu.. Knpa yak.. Mohon penjelasan nya...

    BalasHapus
  27. terimakasih atas penjelasannya👍

    BalasHapus
  28. Om caranya nguras tangki penyimpanan air radiator yg kotor gimana om? Mohon bantuannya, terima kasih

    BalasHapus

- Komentar Dengan Bijak
- Gunakan Bahasa yang Sopan
- Dilarang Berkomentar Kasar
- Dilarang SARA
Salam Streetfire-150