Jumat, 19 Juli 2013

Buat Sendiri Frame Sliders untuk CB150R



Assalamualaikum

Selamat pagi bro bikers semua baik yang sedang bristirahat maupun sedang beraktifitas, setelah kemarin wara-wiri dandanin motor ada salah satu yang ingin saya share untuk bo bikers semua. Artikel yang saya share kali ini sesuai judul yaitu Buat Sendiri Frame Sliders untuk CB150R, bro bikers semua disini pasti tau kan apa itu frame sliders?
Ya, itu merupakan alat penopang sekaligus pelindung yang dipasang pada rangka motor kita agar saat terjadi crash (amit-amit) agar body motor kita tidak mengalami kontak langsung dengan jalan atau tanah sehingga masih ada kesempatan dan kemungkin body bomot kita tidak terlalu rusak.
Setelah crash yang saya alami belum lama ini, membuat saya mencari ide juga untuk memasang frame sliders agar bisa merasa lebih tenang sedikit, tapi ternyata harga dari frame sliders yang saya temukan tidak ada yang murah satupun, bukanya saya tidak mampu beli toh kita harus belajar hidup hemat dan jikalau saya beli itu tetap saja akan rusak juga kalau crash lagi ditambah untuk menggantinya nanti harganya fantastis juga.
Akhirnya sama memutuskan untuk membuat frame sliders sendiri yang tidak lain saya buat dari step sepedah BMX, nah sesuai dengan topiknya saya juga akan share sama bro bikers semua bagaimana cara memasangnya mungkin bisa menjadi inspirasi juga untuk bro bikers semua.

Alat dan Bahan :

  • Kunci L (ukuran sedang, bukan bawaan motor)
  • 2 Baud Kunci L Panjang (diganti karena baud bawaan motor pendek)
  • 2 Step Sepedah BMX
  • Kunci Busi

Tata Cara :
  • Buka Dahulu Shroud motor kita, karena jika tidak dilepas shroud akan menghalangi kita untuk membuka baud yang ada pada rangka.

  • Lepaskan baud yang ada pada rangka motor kita, cara melepasnya agak susah jadi bersabar ya bro (saya sendiri membukanya diinjak pakai kaki).

  • Buka tutup pada step dan masukan baud kunci L nya.

  • Sekarang pasang Step yang sudah kita masukan baud dengan kunci L (gunakan bagian yang panjang. Karena kita menggunakan bagian yang panjang pada kunci L kita maka akan sulit diputar jika menggunakan tangan kosong maka gunakan kunci busi yang ada pada motor kita.

  • Atur dan kencangkan sampai benar-benar yakin terpasang dengan baik.


Dan selesai deh, bagaimana bro bikers?? Mudah sekali bukan? Kalau menurut bro Frame Slidersnya terlalu pendek, bisa diakali dengan cara memberi mur tambahan atau mengganti baud dengan ukurang yang lebih panjang lagi. Mulailah belajar merawat motor sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan dan akhirnya menyesal seperti saya.
Oh iya buat bro yang tertarik mau pasang juga tapi gamau capek untuk cari step atau memasangnya, boleh nitip untuk dibelikan step sepedahnya ko sama saya, atau mau saya bantu pasang sekalian dirumah (buat bro bikers yang berada di daerah Bandung-Cimahi).
Kirim-kiriman oke deh, saya kasih Harga Rp. 36.000,00 saja satu paket (2 Step BMX, 2 Baud Kunci L, Kunci L Mid) diluar itu ada biaya tambah ya bro, Jujur nih bulan Ramadhan saya cuman ambil untung Rp. 1.000 rupiah saja bro (nggak maksa ya bro, cuman sekedar menawarkan).

Thank You very much and Keep the fire burn the roads!

19 komentar:

  1. Kalopun jatuh kayaknya tetep patah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kualitas dari baudnya bro, kalo tebel ya ngga gampang patah soalnya tadi udah saya coba dinaikin stepnya dan ngga bengkok, terus tergantung juga sekeras apa jatuhnya kalo misal tabrakan sama kendaraan lagi semua motor yang pake frame bagus pasti tetep ancur bro

      Hapus
    2. Pertanyaannya terbalik nih bro, Gimana kalau Step BMX nya lebih kuwat, apa teralisnya yang malah melintir atau bahkan bisa patah ? Gimana neh ?

      Hapus
    3. sepertinya kalau rangka tidak mungkin patah bro, karena para blogger senior juga sudah banyak yang bilang kalaurangka CB itu sifatnya solid dan rigid, dan pasti pihak pabrikanpun sudah menghitung kekuatan rangka melalui teori fisika ditambah pasti ada pengetesan dahulu sebelum akhirnya dibuat masal. Kalau bengkok masih ada kemungkinan meskipun kecil karena semuanya masih tergantung dari seberapa kuat impact dari crash yang dialami, mengapa kemungkinanya kecil? Karena rangka itu pasti dibentuk sekuat mungkin untuk menopang segala yang ada di dalam dan diatas motor jadi kalau rangkanya jelek ya tidak usah ditunggu crash bro, dipakai sehari-hari juga pasti bengkok dan akhirnya ya patah.

      Nah soal frame slider itu kan sejatinya untuk meminimalisir kerusakan pada motor bro, jadi fungsinya bukan untuk melindungi motor agar tidak rusak sedikitpun saat crash. Logikanya begini bro kalau jatuh menggunakan slider saja sudah lecet, apalagi tidak menggunakan slider. Semoga berguna bro

      Hapus
  2. mantap idenya nih. bisa untuk pijakan anak yang dudu didepan dong hehehe.sayang ga punya si streetfire ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat penopang juga bro kalau jalan banjir hehe, mungki di motor lain juga bisa diakalin dengan cara lain bro

      Hapus
  3. info yg sangat manfaat banget dan wajib dtiru.
    ttp sukses buat artikel2nya..
    btw. kumaha kbrnya skr pasca accident? gws aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdullilah kalau bermanfaat ya bro, parantos damang ayeunamah kang hatur nuhun! :D

      Hapus
    2. bro saya mau bro tapi saya di jakarta minta tolong barangnya,2 Step BMX, 2 Baud Kunci L,saya harus kemana nieh menghubungi mas bro

      Hapus
    3. saya febrian mohon sms saya ya mas bro no telp mas bro ke no 021 26298028 biar saya bisa hub mas bro salam streetfire ditunggu kabarnya mas bro

      Hapus
  4. Sip2, mau diaplikasiin di cibi ane. Tq mas bro artikelnya

    BalasHapus
  5. step BMX dari material jenis apa brooo??? awas perbedaan material yang saling kontak bisa menimbulkan karat loh.... hahaha...

    BalasHapus
  6. kang bisa minta no hp nya, pengen masang sekaligus tanya2...posisi saya di bandung thanks

    BalasHapus
  7. aye mau pesen bs bro? lumayan nie mumer...gmn cara pesannya/

    BalasHapus
  8. bro , jenis baut L yg kuat terbuat dari apa ?
    dan kira" ada step BMX yg lebih panjang & gede kaga ?

    BalasHapus
  9. saya mau beli gan,,, gimana cara tranfernya.?

    BalasHapus

- Komentar Dengan Bijak
- Gunakan Bahasa yang Sopan
- Dilarang Berkomentar Kasar
- Dilarang SARA
Salam Streetfire-150