Selasa, 02 Juli 2013

Tips Ringan Untuk Merawat CB150R Streetfire



Assalamualaikum

Sebenarnya artikel ini bukan dikhususkan untuk CB saja, motor lainpun ada baiknya mengikuti saran ini jika info yang saya berikan memang dirasa penting.
Saya akan menitik beratkan bahasan kali ini seputar cara menghidupkan dan mematikan mesin motor dengan baik dan benar agar tidak merusak mesin, seringkali kita menganggap sepele hal ini bukan?? Sebenarnya cara yang salah dalam menghidupkan dan mematikan mesin motor bisa berakibat fatal dalam jangka panjang dan berakibat penurunan daya tahan motor (lowered durability).
Mari kita mulai langsung saja agar bro bikers semua tahu, pertama-tama saya akan bahas cara :



Menghidupkan Mesin Motor

Biasanya kalau pagi hari bro bikers akan berangkat untuk beraktifitas seringkali langsung menghidupkannya dengan menggunakan starter elektrik bukan?? Itu adalah cara yang salah untuk menghidupkan motor karena saat itu mesin motor kita sedang dalam kondisi dingin, menghidupkan memakai kick starterpun masih belum benar tetapi itu lebih baik daripada memakai starter elektrik secara langsung.
Lebih baik menghidupkan mesin dengan tahap berikut :

  1. Keadaan motor haruslah dalam posisi tegak, gunakan standar tengah
  2. Gunakan kick starter dengan cara di selah atau di kick beberapa kali (5 - 10x) saat mesin dalam keadaan mati, hal ini agar saat oli mesin motor menyebar secara sempura untuk melumasi mesin. Oli mesin akan turun dan tidak melumasi mesin secara sempurna dan menyeluruh saat motor kita beristirahat di malam hari.
  3. Setelah itu hidupkan kontak motor, dan gunakan kembali kick starter untuk menghidupkan motor.
  4. Pada saat kedaan motor menyala jangan langsung menarik gas dengan kekuatan penuh, cukup sampai rpm 2000 / 3000 saja atau tak usah ditarik gas pun tak apa-apa (memanaskan motor minimal 1 menit dan maksimal 3 menit).
  5. Jangan sampai menekan tombol elektrik starter saat mesin menyala, karena itu tidak baik akan mengganggu kelistrikan motor.

Mematikan Mesin Motor
Mematikan mesin motor pun ada cara yang benar dan harus diperhatikan agar tidak merusak mesin saat mesin akan mati. Berikut hal yang harus diperhatikan :
  1. Jangan mematikan motor secara langsung dengan memutar kunci kontak, diamkan dahulu sebentar agar putaran mesin motor menjadi putaran normal dahulu.
  2. Jangan mematikan motor dengan menarik gas terlebih dahulu, karena itu akan menyebabkan suhu mesin motor melonjak naik saat putaran mesin motor akan berhenti.
  3. Jangan pernah iseng-iseng mematikan motor pada saat keadaan sedang berjalan, bayangkan saja motor yang sedang berputar ribuan kali per menit tiba-tiba berhenti mendadak putaran mesinya!
Bagaimana bro bikers?? Info yang lumayan penting bukan?? Kick starter itu bukan sesuatu yang kuno atau hanya memenuhi motor saja, jangan samakan mesin motor kita dengan motor super sport yang memang dirancang siap dan mempunyai teknologi tinggi.
Sekian tips dari saya, semoga membantu agar motor bro bikers semua tidak cepat rusak. Tidak ada salahnya bukan untuk merawat motor secara ringan namun memberi efek yang baik, berbagi itu indah karena niscaya akan membantu sesama juga.


Thank You very much and Keep the fire burn the roads!

28 komentar:

  1. wahh makasih gan infonya bermanfaat banget..

    BalasHapus
  2. Kenapa manasin mesin maksimal 3 menit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena 3 menit juga sudah cukup bro, sayang kan boros bahan bakar?? apalagi kalau injeksi, meskipun hemat tapi tetap saja bahan bakar mengalir saat motor menyala

      Hapus
  3. jossss infonyaaa...

    BalasHapus
  4. Om kapan2 bahas kondom tangki streetfire donk, tampilin pict yg sukses pake kondom tangki + harganya + bahan pembuatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke bro nanti saya cari info dulu ya, ditunggu aja

      Hapus
  5. Terima kasih buat info2nya. Mantabbs. Salah satu blog favorit saya, soalnya pusing baca komen2 blog lain isinya perang kata2 ... hadueh :( Damai itu indah Bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak bro sudah memfavoritkan blog saya, semoga saya tetap dapat membantu memberi informasi ya! salam damai pula!

      Hapus
  6. wah sip gan, hampir aja ane tiap hari model matiinnya kek gini
    "Jangan mematikan motor dengan menarik gas terlebih dahulu, karena itu akan menyebabkan suhu mesin motor melonjak naik saat putaran mesin motor akan berhenti."

    itu diajarin bapak ane supaya motor awet, tapi ternyata salah hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha semoga membantu deh bro, mungkin bapak bro berfikir saat mematikan motor dengan menatik gas motor itu agar motor melakukan gas buangan sebelum motor dimatikan

      Hapus
  7. om bukannya untuk kelas motor sport sudah ada pompa olinya..?
    ketika kita putar kunci kontak, secara otomatis pompa bensin n pompa oli akan bekerja....

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang sudah ada, tapi fungsi menggunakan kick starter itu agar oli menyebar merata bro karena mesin berputas saat kita injak kick starter
      dan pompa itu hanya melumasi ketika mesin diam jadi ada kemungkinan tidak merata

      Hapus
  8. menurut pendapat saya, saat menyalakan motor pada pagi hari,menggunakan engkol ataupun kick starter tanpa harus d engkol terlebih dahulu sampai 10 kali tak sepenuhnya salah ataupun bikin mesin motor cepet rusak,karena dengan teknologi pelumas sekarang yang sudah maju, rata2 pelumas yang beredar di indonesia sudah semi sintetik (enduro racing,shell AX7,Castrol power1,Motul Gold,dll) bahkan ada yg Full sintetik (Motul Htech,Castrol Power1 acing,Enduro 4t Sport,Fuchs silkolene Pro dll) dngan base oil grup 3 ,grup 4,bahkan Grup 5 Ester (ultimate engine oil yang di pakai moto GP)yang mana sangat bagus dalam membuat lapisan film yang melekat kuat di metal,di tambah motor skrng itu kebanyakn di rekomendasikan pke SAE yang encer 10w40 bahkan AHM sendiri pake oli sangat encer 10w30,,,so ga akan ada masalah yang serius saat start up motor pagi2,,,sekedar sharing aja untuk motor sebenernya tak perlu menggunakan API service yang terlalu tinggi cukup API SJ ke bawah,kalo API SL masih boleh lah,,,karena seiring meningkatnya API service semakin berkurang juga aditif ZDDP yang mana sangat di perlukan buat motor untuk melindungi kontak antara metal dengan Metal tetapi tidak menutup kemungkinan API yang lebih tinggi juga bisa memberikan perlindungan yang sama dengan Api yang kadar ZDDP nya tinggi asal sudah ada Approved JASO MA/MA1/MA2,,,dengan pemilihan oli yang tepat sebetulnya tidak perlu khawatir mesin motor akan cepat rusak,ngebul dll....(^_^)

    BalasHapus
  9. sips mas bro,,matur teng yu bauanget ki,,,,,salam sukses semoga berkah....

    BalasHapus
  10. Wah terkadang hal yang sepele tidak pernah diperhatikan, thanks mas bro info dan tips merawat motornya

    BalasHapus
  11. Wah mantap bro... Thank ya infonya

    BalasHapus
  12. Nice info bro,kebetulan baru mau minang nih si chibi..

    BalasHapus
  13. thank gan..
    untuk motor matic gimana gan??apalagi yg gag ada kickstater??

    BalasHapus
  14. wah ane mati mulu lg ga pas ganti gigi , itu ngerusak mesin ga sih ga ? tlng di bls

    BalasHapus
  15. wah, bagus banget info nya mas.

    Salam cibi ! :)

    BalasHapus
  16. Nice inpo gan.. :)
    Tp ane sdikit komplain bahwa motor jaman skrag kan udah pada canggih ditandai dengan injeksi yg mengatur segalanya ketika motor di on kan, mnrutku cara menghidupkan mesin dgn starter tidak msalah apalgi ahm jg mengklaim bhwa teknologi injeksinya itu terbaik, bhkan pada pagi gak perlu dipanasin dulu pun lgsg digeber tidak msalah. Gmn mnrut agan?

    BalasHapus
  17. Tips nya bermanfaat bgt bagi saya pribadi. 2thumbups thanks...

    BalasHapus
  18. Tips nya bermanfaat bgt bagi saya pribadi. 2thumbups thanks...

    BalasHapus
  19. terima kasih sangat bermanfaat....

    BalasHapus

- Komentar Dengan Bijak
- Gunakan Bahasa yang Sopan
- Dilarang Berkomentar Kasar
- Dilarang SARA
Salam Streetfire-150