Assalamualaikum
Sebenarnya artikel ini bukan dikhususkan untuk CB saja, motor lainpun ada baiknya mengikuti saran ini jika info yang saya berikan memang dirasa penting.
Saya akan menitik beratkan bahasan kali ini seputar cara menghidupkan dan mematikan mesin motor dengan baik dan benar agar tidak merusak mesin, seringkali kita menganggap sepele hal ini bukan?? Sebenarnya cara yang salah dalam menghidupkan dan mematikan mesin motor bisa berakibat fatal dalam jangka panjang dan berakibat penurunan daya tahan motor (lowered durability).
Mari kita mulai langsung saja agar bro bikers semua tahu, pertama-tama saya akan bahas cara :
Menghidupkan Mesin Motor
Biasanya kalau pagi hari bro bikers akan berangkat untuk beraktifitas seringkali langsung menghidupkannya dengan menggunakan starter elektrik bukan?? Itu adalah cara yang salah untuk menghidupkan motor karena saat itu mesin motor kita sedang dalam kondisi dingin, menghidupkan memakai kick starterpun masih belum benar tetapi itu lebih baik daripada memakai starter elektrik secara langsung.
Lebih baik menghidupkan mesin dengan tahap berikut :
- Keadaan motor haruslah dalam posisi tegak, gunakan standar tengah
- Gunakan kick starter dengan cara di selah atau di kick beberapa kali (5 - 10x) saat mesin dalam keadaan mati, hal ini agar saat oli mesin motor menyebar secara sempura untuk melumasi mesin. Oli mesin akan turun dan tidak melumasi mesin secara sempurna dan menyeluruh saat motor kita beristirahat di malam hari.
- Setelah itu hidupkan kontak motor, dan gunakan kembali kick starter untuk menghidupkan motor.
- Pada saat kedaan motor menyala jangan langsung menarik gas dengan kekuatan penuh, cukup sampai rpm 2000 / 3000 saja atau tak usah ditarik gas pun tak apa-apa (memanaskan motor minimal 1 menit dan maksimal 3 menit).
- Jangan sampai menekan tombol elektrik starter saat mesin menyala, karena itu tidak baik akan mengganggu kelistrikan motor.
Mematikan Mesin Motor
Mematikan mesin motor pun ada cara yang benar dan harus diperhatikan agar tidak merusak mesin saat mesin akan mati. Berikut hal yang harus diperhatikan :
- Jangan mematikan motor secara langsung dengan memutar kunci kontak, diamkan dahulu sebentar agar putaran mesin motor menjadi putaran normal dahulu.
- Jangan mematikan motor dengan menarik gas terlebih dahulu, karena itu akan menyebabkan suhu mesin motor melonjak naik saat putaran mesin motor akan berhenti.
- Jangan pernah iseng-iseng mematikan motor pada saat keadaan sedang berjalan, bayangkan saja motor yang sedang berputar ribuan kali per menit tiba-tiba berhenti mendadak putaran mesinya!
Bagaimana bro bikers?? Info yang lumayan penting bukan?? Kick starter itu bukan sesuatu yang kuno atau hanya memenuhi motor saja, jangan samakan mesin motor kita dengan motor super sport yang memang dirancang siap dan mempunyai teknologi tinggi.
Sekian tips dari saya, semoga membantu agar motor bro bikers semua tidak cepat rusak. Tidak ada salahnya bukan untuk merawat motor secara ringan namun memberi efek yang baik, berbagi itu indah karena niscaya akan membantu sesama juga.
Thank You very much and Keep the fire burn the roads!
wahh makasih gan infonya bermanfaat banget..
BalasHapusterima kasih kembali bro
HapusKenapa manasin mesin maksimal 3 menit?
BalasHapuskarena 3 menit juga sudah cukup bro, sayang kan boros bahan bakar?? apalagi kalau injeksi, meskipun hemat tapi tetap saja bahan bakar mengalir saat motor menyala
Hapusjossss infonyaaa...
BalasHapusjosss juga commentnya hahaha
HapusOm kapan2 bahas kondom tangki streetfire donk, tampilin pict yg sukses pake kondom tangki + harganya + bahan pembuatannya
BalasHapusoke bro nanti saya cari info dulu ya, ditunggu aja
HapusTerima kasih buat info2nya. Mantabbs. Salah satu blog favorit saya, soalnya pusing baca komen2 blog lain isinya perang kata2 ... hadueh :( Damai itu indah Bro
BalasHapusterima kasih banyak bro sudah memfavoritkan blog saya, semoga saya tetap dapat membantu memberi informasi ya! salam damai pula!
HapusAda trik yg lain gak??kasih tw jg ya...
BalasHapuswah sip gan, hampir aja ane tiap hari model matiinnya kek gini
BalasHapus"Jangan mematikan motor dengan menarik gas terlebih dahulu, karena itu akan menyebabkan suhu mesin motor melonjak naik saat putaran mesin motor akan berhenti."
itu diajarin bapak ane supaya motor awet, tapi ternyata salah hehe...
haha semoga membantu deh bro, mungkin bapak bro berfikir saat mematikan motor dengan menatik gas motor itu agar motor melakukan gas buangan sebelum motor dimatikan
Hapusom bukannya untuk kelas motor sport sudah ada pompa olinya..?
BalasHapusketika kita putar kunci kontak, secara otomatis pompa bensin n pompa oli akan bekerja....
memang sudah ada, tapi fungsi menggunakan kick starter itu agar oli menyebar merata bro karena mesin berputas saat kita injak kick starter
Hapusdan pompa itu hanya melumasi ketika mesin diam jadi ada kemungkinan tidak merata
menurut pendapat saya, saat menyalakan motor pada pagi hari,menggunakan engkol ataupun kick starter tanpa harus d engkol terlebih dahulu sampai 10 kali tak sepenuhnya salah ataupun bikin mesin motor cepet rusak,karena dengan teknologi pelumas sekarang yang sudah maju, rata2 pelumas yang beredar di indonesia sudah semi sintetik (enduro racing,shell AX7,Castrol power1,Motul Gold,dll) bahkan ada yg Full sintetik (Motul Htech,Castrol Power1 acing,Enduro 4t Sport,Fuchs silkolene Pro dll) dngan base oil grup 3 ,grup 4,bahkan Grup 5 Ester (ultimate engine oil yang di pakai moto GP)yang mana sangat bagus dalam membuat lapisan film yang melekat kuat di metal,di tambah motor skrng itu kebanyakn di rekomendasikan pke SAE yang encer 10w40 bahkan AHM sendiri pake oli sangat encer 10w30,,,so ga akan ada masalah yang serius saat start up motor pagi2,,,sekedar sharing aja untuk motor sebenernya tak perlu menggunakan API service yang terlalu tinggi cukup API SJ ke bawah,kalo API SL masih boleh lah,,,karena seiring meningkatnya API service semakin berkurang juga aditif ZDDP yang mana sangat di perlukan buat motor untuk melindungi kontak antara metal dengan Metal tetapi tidak menutup kemungkinan API yang lebih tinggi juga bisa memberikan perlindungan yang sama dengan Api yang kadar ZDDP nya tinggi asal sudah ada Approved JASO MA/MA1/MA2,,,dengan pemilihan oli yang tepat sebetulnya tidak perlu khawatir mesin motor akan cepat rusak,ngebul dll....(^_^)
BalasHapussips mas bro,,matur teng yu bauanget ki,,,,,salam sukses semoga berkah....
BalasHapusWah terkadang hal yang sepele tidak pernah diperhatikan, thanks mas bro info dan tips merawat motornya
BalasHapusWah mantap bro... Thank ya infonya
BalasHapusNice info bro,kebetulan baru mau minang nih si chibi..
BalasHapusthank gan..
BalasHapusuntuk motor matic gimana gan??apalagi yg gag ada kickstater??
wah ane mati mulu lg ga pas ganti gigi , itu ngerusak mesin ga sih ga ? tlng di bls
BalasHapuswah, bagus banget info nya mas.
BalasHapusSalam cibi ! :)
Nice inpo gan.. :)
BalasHapusTp ane sdikit komplain bahwa motor jaman skrag kan udah pada canggih ditandai dengan injeksi yg mengatur segalanya ketika motor di on kan, mnrutku cara menghidupkan mesin dgn starter tidak msalah apalgi ahm jg mengklaim bhwa teknologi injeksinya itu terbaik, bhkan pada pagi gak perlu dipanasin dulu pun lgsg digeber tidak msalah. Gmn mnrut agan?
Terimakasih tipsnya bro
BalasHapusTips nya bermanfaat bgt bagi saya pribadi. 2thumbups thanks...
BalasHapusTips nya bermanfaat bgt bagi saya pribadi. 2thumbups thanks...
BalasHapusterima kasih sangat bermanfaat....
BalasHapus