Jumat, 28 Juni 2013

Ukuran Ban dan Final Gear Ratio untuk Velg Standar CB150R



Assalamualaikum

Masih terkait seputar ban dan velg standar CB150R yang ternyata bisa dipasang ban berukuran 130 tanpa adanya istilah "mendonat". ( CB150R Bisa Menggunakan Ban Tapak Lebar atau Modifikasi CB150R Ringan Tapi Keren ).
Maka di artikel kali ini ada baiknya saya memberi informasi dan tips untuk bro bikers semua yang ingin memasang ban tapak lebar baik itu berukuran 120 ataupun 130 agar ikut mengimbangi dengan mengganti Final Gear Ratio atau Rasio Gear (Sprocket). Penggantian rasio tersebut mungkin bisa membantu kinerja motor agar tidak berat dan tetap bisa berada pada performa terbaiknya.


Secara singkat rasio gear juga berpengaruh pada performa motor dari Top Speed maupun Akselerasi, dan semakin besar ban yang digunakan maka semakin berat juga kinerja mesin motor untuk menariknya.
Rumus untuk menghitung final gear ratio atau rasio gear adalah :
Dimulai dengan mencari D1,
Keterangan :
  • F1 = Rasio Final Gear Awal (Original / Standart)
  • F2 = Rasio Final Gear Yang Diubah
  • D1 = Diameter Total Ban dan Velg Awal (Original / Standart)
  • D2 = Diameter Total Ban dan Velg Yang Diubah
-D1 = (Ukuran Velg x 25,4) + (Lebar Ban Lama x Tinggi Ban Lama) /100)
Keterangan :
  • 25,4 = 1 inchi , standar untuk pengukuran
  • (Lebar Ban Lama x Tinggi Ban Lama) /100) , contohnya 100/80 maka (100 x 80) /100) 
-D2 = (Ukuran Velg x 25,4) + (Lebar Ban Baru x Tinggi Ban Baru) /100)
Keterangan :
  • Sama seperti D1 hanya saja ban yang dihitung disini adalah ban yang kita rencanakan untuk dipasang
  • (Lebar Ban Baru x Tinggi Ban Baru) /100), contohnya ban baru kita 120/90 maka (120 x 90) /100)
-F1 = (Jumlah Gear Belakang / Jumlah Gear Depan)
Keterangan :
  • (Jumlah Gear Belakang / Jumlah Gear Depan) , contoh gear depan motor kita 14 dan belakang 46 maka 46/14
-F2 = (F1 x D2) : D1
Keterangan :
  • Semua yang telah kita cari hanya tinggal kita masuk-masukan saja untuk mencari F2
-Final Gear Ratio = Gear Depan x F2
  • Ketemu deh Final Gear Rasio yang harus kita sesuaikan.


CB150R mempunyai gear rasio dengan jumlah 15 untuk depan dan 45 untuk belakang. Tenang saja, saya tidak akan menyuruh bro bikers semua capek-capek menghitung Final Gear Ratio untuk mengoptimalkan CBnya, biar saya saja yang hitung dan simpulkan. 
Setelah menghitung-hitung gear ratio dari ban ukuran 110/70 sampai dengan 130/90 maka dapat saya simpulkan seperti ini dibawah ini.
Ukuran Ban dan Final Gear Ratio untuk Velg Standar CB150R :
  • Ban 110/70-17
D1 - 511,8 / 512
D2 - 508,8 / 509
F1 - 3
F2 - 2,982
FINAL GEAR = 44,7 / 45 (44 min / 45 max)

  • Ban 110/80-17
D1 - 511,8 / 512
D2 - 519,8 / 520
F1 - 3
F2 - 3,046
FINAL GEAR = 45,7 / 46 (45 min / 46 max)

  • Ban 110/90-17
D1 - 511,8 / 512
D2 - 530,8 / 531
F1 - 3
F2 - 3,111 / 3,112
FINAL GEAR = 46,6 / 47 (46 min / 47 max)

  • Ban 120/70-17

D1 - 511,8 / 512
D2 - 515,8 / 516
F1 - 3
F2 - 3,022 / 3,023
FINAL GEAR = 45

  • Ban 120/80-17
D1 - 511,8 / 512
D2 - 527,8 / 528
F1 - 3
F2 - 3,093 / 3,094
FINAL GEAR = 46

  • Ban 120/90-17
D1 - 511,8 / 512
D2 - 539,8 / 540
F1 - 3
F2 - 3,164
FINAL GEAR = 47

  • Ban 130/70-17
D1 - 511,8 / 512
D2 - 522,8 / 523
F1 - 3
F2 - 3,064 / 3,065
FINAL GEAR = 46 

  • Ban 130/80-17
D1 - 511,8 / 512
D2 - 535,8 / 536
F1 - 3
F2 - 3,140 / 3,141
FINAL GEAR = 47

  • Ban 130/90-17
D1 - 511,8 / 512
D2 - 548,8 / 549
F1 - 3
F2 - 3,216
FINAL GEAR = 48

Jadi untuk mengimbangi ukuran ban yang bro bikers semua ganti maka harus diganti pula gear belakang motor tersebut agar kinerja motor tersebut tidak terlalu lelah. Berikut adapula tabel yang saya buat untuk menunjukan seberapa besar akselerasi serta top speed dari setiap kombinasi gear yang bisa dipakai untu CB150R :

Semakin kecil hasil maka semakin tinggi top speed namun akselerasi dikorbankan
Semakin besar hasil maka semakin kuat akselerasi namun top speed berkurang

Bagaimana bro bikers? cukup informatif dan berguna bukan untuk motor kita?? semoga hasil posting saya yang cukup panjang dan melelahkan ini berguna bagi bro bikers semua yang ingin mengganti ban si CB dengan yang lebih besar agar terlihat gagah dan mungkin menjadi CB Moge Look!
Silahkan ditambahkan lagi ya bro bilamungkin saya ada salah dalam informasi Ukuran Ban dan Final Gear Ratio untuk Velg Standar CB150R.

Thank You very much and Keep the fire burn the roads!

91 komentar:

  1. Siiip, jgn lupa mampir kesinih broh http://yanakhmadfauzi17.blogspot.com/2013/06/tromol-honda-cb150r-merk-vnd.html

    BalasHapus
  2. makasih gan infonya berguna banget..

    BalasHapus
  3. bro,, buka blog tentang cb150 di wordpress aja bro,, pasti lebih rame,,, kalo di blogspot susah komen dan gak link ke blog laen,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti saya coba bikin deh, kemarin udah coba tapi lambat bgt bro
      mungkin modemnya jelek hehehehe

      Hapus
  4. bro klo gir belakang tiger yang matanya 42 ada gak ya.soalnya mau saya ganti ban ring 17 agar performa dan speed gak turun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 42 ya? hmmm agak susah bro, tapi kalo 42 itu berati tarikan awalnya lumayan berat dong bro?

      Hapus
    2. coba mainin gir depan aja gan,,15-44 atau 14-44 juga jossss,,

      Hapus
  5. kebetulan aku juga puxa CB150R masih dalam tahap reyen
    pengen dibantu tentang:
    apakah ada ban ukuran lumayan besar yang cocok dengan velg ori?
    apakah bisa memakai gear NMP?
    apakah perlu geser shock depan jika ban digambotkan?
    juga ECU nonlimiter yang direkomended sama pabrikan apa ya mas bro?

    sekian pertaxaan saya, mohon maaf jika agak menyusahkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.Dari 110/70 sampe dengan 130/90 masuk bro
      2.Sangat Bisa bro, CBR pun bisa
      3.Geser Shock itu pilihan bro, tapi ada baiknya diturunkan dikit kalo pengen sedikit nungging, tapi kalo bro orang yang santai lebih baik jangan
      4.Kalau ECU saya kurang tahu bro, tapi ada baiknya jgn terlalu bermain di ECU bro kalo rusak serem.

      ngga apa-apa bro saya suka kalau ditanya ko, terima kasih sudah bertanya ya bro

      Hapus
    2. mau taxa lagi mas bro
      - jika diatas 130 takut gasruk belakang, apalagi pas bonceng orang gendut, apa harus shockx belakang ditinggikan bro?
      - 1 paket gear CBR berapa ya? maklum belum tahu, karena gear CB menurutq kegedean
      - masih suka model standart, kalaupun nurunin shock jika kesempatan pasang stang jepit model CBR
      - benar juga jangan terlalu bermain ECU, niatx sih pengen geber sampai full rpm tanpa limiter masbro

      Hapus
    3. -Gausah takut gasruk bro, udah ada yang pasang ban malah sampe 160 ukuranya tapi ganti velg juga. Sayangya shock CB gabisa di tinggiin bro
      -CB sama CBR itu beda 1 mata aja bro, CB 15/45 dan CBR 15/44 masalah harga pasti mahal kalau beli di Honda, taulah gimana honda
      -Stang jepit juga kalau bisa pake yang ada segitiga tambahanya bro kaya merk HKS, kalo CBR harus yang old ya jgn yang new CBR

      Hapus
    4. ok mas bro
      terima kasih atas partisipasi info" motor CB

      Hapus
    5. oke bro terima kasih kembali

      Hapus
  6. Lebih baik ganti velg lebar 1 velg lebih enteng dari pada velg ori, 2 Dengan velg lebar bentuk lebih profesional besarnya beda dgn velg ori dan aman..

    BalasHapus
  7. Lebih baik ganti velg lebar 1 velg lebih enteng dari pada velg ori, 2 Dengan velg lebar bentuk lebih profesional besarnya beda dgn velg ori dan aman..

    BalasHapus
  8. Oh ya.. maksud sy untuk penggantian ukuran ban depan 110/70/17 blkng 130/70/17 lebih baik pake velg lebar..

    BalasHapus
  9. gan ane mau ubah size ban d Cbsf ane, depan 80/90, blkang 120/70,perlukah ubah final gear ratio, n klo perlu final gearnya brp gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak usah bro final gear 45 juga sudah pas, tapi kalo bro ingin ganti jadi 46 pun tidak apa-apa.

      Hapus
    2. Gan kalo
      ban depan pake 100/80
      ban belakang pake 120/70
      perlu ganti final gear rationya kaga gan?
      *mohon pencerahannya

      Hapus
    3. ban dpan 100/80
      ban blkng 120/70
      biar larinya standar mke gear berapaa aja gann ?
      vleg msih ori
      ^mohon pencerahannya gan

      Hapus
    4. Mas mw ganti ban nih dpan 100/80 mwt gak pelek ori ?
      ban blkang 120/70
      biar larinya standar kaya bwaan pabri harus di ganti gear yg berapa
      Mohon pencerahannya gan

      Hapus
  10. lah final gear buat cb ane yg di atas berapa gan :D 130/60?
    -Yazururin

    BalasHapus
    Balasan
    1. 45 udah pas bro, tapi kalau mau dinaikin ke 46 juga boleh

      Hapus
  11. kalau buat cibi ane 130/70 final gearnya brapa gan..?! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ada bro di atas, harus ganti jadi 46 biar ga berat lagi hehe

      Hapus
  12. Bro ane punya Rim jari2 lebar 5 inci kira2 bisa di pasang ke CB150R ? Pake HUB (tromol) apa agar pemasangan Disk Brake dan kalipernya gak perlu rubah posisi ? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pasang bisa bro, tapi kalo soal harus rubah posisi kurang tahu deh bro
      tapi apa gak sayang itu cakramnya diganti sama tromol?

      Hapus
  13. OONBERAT NI ARTIKEL HAHAHAHAHAHHAAAAAAAAA

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih bro, namanya juga bukan ahli motor
      mungkin bro sendiri punya artikel yang lebih bagus dan bisa nambah wawasan saya

      Hapus
    2. Artikel nya sangat bagus bro , banyak membantu saya utk modif cb150r
      untuk anonim diatas mungkin ga bisa buat blog dan artikel makanya sirik

      Hapus
  14. BINGUNG...HE..HE..HE..HE..

    BalasHapus
  15. wa'alaikumsalam,
    artikelnya komplete & informatif, bisa minta infonya Kang utk modif stang yg cocok utk touring & harian alias supaya tidak merunduk (maklum rider setengah baya ni..).Terima kasih.
    jawabanya bisa dikirim disini juga Kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdullilah kalau insformasi saya bermanfaat, kalau mau nyaman mungkin bisa mengaplikasikan :
      - stang mega pro karena posturnya lebih tinggi dari stang CB
      - stang byson, fatbar juga cukup enak untuk touring tapi lebih baik menggunakan raiser stang agar tidak mentok ke tangki kang
      - stang monyet (msx125) juga tinggi, stang ini biasanya juga dipakai oleh banyak bikers dari Tiger kang
      mangga semoga bermanfaat dan jadi lebih nyaman :)

      Hapus
  16. bang mau tanya kalau ban ukuran 130/90 gimana bisa gag trus harganya berapa itu untuk velg standart.trus enaknya pakai gear apa bang,berapa hargane hehhehe.makasih gan.salam one heart

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya bisa bro, untuk harga ya tergantung merk bannya hehehe, gear belakang diganti dengan yang bermata 48
      Pokoknya untuk harga saya tidak bisa memberi tahu bro, karena ada harga ada rupa juga, salam one heart juga

      Hapus
  17. Mas Bro,mau nanya donk,maklum pemula,hehehe..
    1.Bagaimana cara ngreyen Cibi yang benar,apakah benar tidak boleh berboncengan,walau sama anak?berat badan sekitar 40 kg?
    2.Pengan ganti stang cb150r ane biar gak terlalu bungkuk,bisa pake apa saja?
    3.Cara bikin saklar untuk lampu biar bisa dimatiin gimana?
    4.Ada referensi cutting sticker yang bagus gak di daerah kota bogor,
    Mohon masukannya Mas Bro semua..
    makasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, OOT nih... Tapi saya bantu arahin deh...
      1. Jangan terpaku dgn mitos motor jadul, reyen motor modern tu pake saja motor seperti biasa, asal jangan berlebihan (beban dan betot gasnya geto..)
      2. Bisa pake stang NMP, pnp tanpa ubah apapun. (ane pake juga)
      3. Dah banyak dibahas di intrnt, googling saja bro. Bisa pake saklar Tiger/Vixion/Scorpio. Detilnya bisa liat di www.mazped.com

      Moga membantu...

      Hapus
    2. nah sudah terjawab sama bro diatas, terima kasih bantuan infonya bro!
      biar saya tambahin lagi ya bro,
      1.Betul, tidak usah terlalu paranoid dengan bagaimana cara reyen yg penting adalah pakai motor dengan wajar, jangan terlalu bernafsu karena motor masih baru dan yang terpenting tetap safety
      2.Betul juga, solusi mudahnya adalah memakai stang NMP, Monyet (MSX125) atau dengan memakai raiser (ada yang harus di ubah)
      3.Kang mazped sudah pernah bahas di blognya bro, bisa dikunjungin langsung, kang mazped juga malah menjualnya.
      4.Kalau di bogor kurang tahu bro, bisa bertanya langsung mungkin ke kaskus di HOSTICUS

      Semoga membantu bro!

      Hapus
  18. Ban Depan 110/70 -17 (Bridgestone Battlax BT45)
    Ban Belakang 130/70-17 (Bridgestone Battlax BT45)

    Bisa Nggak??
    klo bisa pake rasio gear Brp?
    dan yg di maksud rasio gear itu apa? haha kurang tau :D

    Thanks .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ban depan 110 bisa, tapi harus ubah posisi fender/spakbor
      ban belakang 130 bisa, tapi jika bro memakan rear hugger harus ubah posisi juga
      rasio gear bisa dengan 15-47 atau dengan 14-45/46

      rasio itu perbandingan antara gear depan dan belakang bro, jadi jika mengganti ban dengan yang berukuran lebih besar harus diimbangi dengan penggantian gear agar kinerja mesin motor lebih ringan

      Hapus
  19. ganti rantai havy duty gak kalo ganti tapak lebar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung selera bro saja, kalu saya sih ngga bro

      Hapus
  20. hihih,.. mau nanya bro :)
    1. kalo depan ganti velg 2,5 belakang 3,5 dgn ukuran ban 100/80 depan dan 120/70 belakang.. berbedakah final gear rationya dengan yang diatas (asumsi depan juga ganti)? :)
    2. kalo depan 100/80 mentok spakbor ga bro? :) thanks :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.final gear yang bisa dipakai adalah 14-45 atau 15-46 (tapi tarikan lebih terasa jiga menjadi 14-45)
      2.nah kalau ganti velg kemnungkinan tidak akan mentok spakbor karena ban jadi lebih melebar ke samping, tapi kalau kita asumsikan velg depan tidak diganti sudah pasti mentok spakbor

      Hapus
    2. thank you broo :D

      Hapus
  21. Mantaaaaabhhh!
    Setelah dicari akhirnya ketemu juga.

    CB ane mw tak pasang depan 110/70 n belakang 150/60 masbbro.
    Kemarin udah w ukur, mefet sih. Tapi tetep bisa, hehehe.

    Pake gear rasio 15:46 bisa yakk? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waw jangan 15-46 bro, pasti sangat berat luar biasa hahaha
      saya usulkan antara 13-45 atau 14-46/48 saja bro

      Hapus
  22. mas klo untuk honda revo 110 ukuran ban belkang baru 90/80,,ukuran rasio gear berapa ya...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukuran depan baru 80 /90...mintol hitungkan ya gear rationya

      Hapus
  23. kalau abs revo 110 ukuran ban depan 80/90, ukuran ban blkng 90/80...kira2 ratio gearnya brpa y

    BalasHapus
    Balasan
    1. revo 110 gear ratio asalnya berapa bro?

      Hapus
  24. Bro, saya rencana mau ganti velg 2,5-3,5/17 trus ban dpn 110/80 dan blkg 140/70. Kalo ganti velg dan ban tsb apa saya hrs ganti gear 1 set? Klo iya mohon info ratio gear set dan merk apa yg cocok/lmyan bnyk org pakai?
    Mohon bantuannya bro
    Trims.
    Salam streetfire

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti posisi spakbor depan pula bro, kalau gear mungkin bisa dengan 13-45 atau 14-46 karena gear segitu agak jarang, lebih baik bro buat saja di Sinnob Sprocket, tapi harganya mungkin akan lumayan menguras

      Hapus
  25. bri cibi ane pake ban ukuran 90/80 depan blkng 130/70 velg standar so, kalo mnurut ente betternya perlu ganti gear apa ngga bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti saja bro menjadi 14-45, pasti motornya akan terbantu

      Hapus
  26. bro.. mw nanya nih.. klo ban bawaan yg blakang dijadikan ban depan aman ga bro?
    sama kalo kita ganti gear, atau ganti stang jepit, atau ganti knalpot ngilangin garansi ga? msh bisa pake gratisan service di honda?
    baru pake motor lagi soalnya, makanya msh bingung..
    barangkali ada pencerahan..
    thanks broo

    BalasHapus
  27. mau tanya nih..
    ini ukurnya sesuai jarak atau gimana..?
    kalo pake jarak kan bisa lebih tepat.. kalo sesuai rumus bisa meleset..?
    maaf bro cuma mau mastiin bukan gak percaya..

    BalasHapus
  28. Mantab Infonya Bro..... ini dia yang saya cari-cari....
    Punya Cb150R cuma pake harian.... paling cuma dipake di 80-90 km/jam,
    Rencana upgrade velg Chemco, depan 2,5" blkg 3,5"
    Untuk Ban nya pake FDR atau IRC.... depan 110-70 17" dan belakang 160-70 17" atau 160-60 17"
    Mau tanya kang;
    - Masih Bisa dan aman kah pake ban dgn ukuran diatas??? atau ada part yang perlu di upgrade lagi ???rencana mau ganti spatbor juga (Nyari yg cocok).
    - Ratio Gear nya sebaiknya berapa???
    - Kalo mau nambahin spatbor kolong, punya CBR250R bisa ngga???
    Mohon Infonya Kang....
    Thanks Sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pakai ukuran velg 3,5 dan ban belakang 160/60 disarankan ganti arm juga yang banana/R6/kumis denga stabiliser cz pengalamn temn Ane lo arm standart geol. lo ganti arm kan enak udah da sapkbor kolong 1 paket

      Hapus
    2. kalo pake ukuran 160/60 harus ganti arm, maksimamal ukuran berapa agar tdk perlu ganti arm???
      Salam CB Lovers

      Hapus
  29. Gan ane baru punya cb 1bln..ane pengen ganti ban yg depan ukuran 100/80 blkang 130/70 tp ane masih awam gan untuk masalah gear di ganti46 mksdnya supaya apa gtu gan...sory ya gan ane awam krn baru x ini ane nunggangin motor laki

    BalasHapus
  30. bro tanya donk ukuran yg pas utk cb ane
    * ban dpn 100/80 dan blkg 130/70
    * berat badan 90kg
    klo gear dpn aja diganti dgn uk 14 gmn bro? jadi 14 dpn 45 blkg
    atau ada solusi lain bro ?
    makasih sebelumnya bro

    BalasHapus
  31. Kalo gearset sss baja vs daytona baja bgs mana ya bwt narik ban honda cb?

    BalasHapus
  32. Kalo CB150R gunakan Velg byson, tinggal pnp apa gimana masbro? Kalo ada perubahan apa yg perlu diganti? Tx

    BalasHapus
  33. mas.bro saya mau modif tiger revo mau ganti r17 tapak lebar bintang pakai ban depan ukuran 110-60-17 dan belakang 160-60-17 kira ukuran gear depan dan belakang di ubah jadi ukuran berapa beroo ?
    jawab thankz

    BalasHapus
  34. kalo ban belakang 130/70 depan standart ori tapi mau nurunin gear belakang jadi 43 gmn gan? recommended nggk?? kira2 akselrasi yang ilang banyak apa nggk ya mas??

    BalasHapus
  35. kalo ukuran 120/70 kan 45 tuh. berarti pas dong yah dengan gear belakangnya?

    BalasHapus
  36. malam bro..
    CB150R saya pakai pelek 17" depan 2,5 dan belakang 3.5 sedang ban menggunakan 110/70 belkang 140/70
    ada rekomendasi rasio ger depan dan belakang..

    Terimakasih

    BalasHapus
  37. yaa robbibil mustofa29 Januari 2014 22.33

    bro,motor cibi ane kalo mau ganti pelek depan 2,5 bannya 120/70 blakang 4,5 bannya 160/60 musti ganti swingarm yah bro?bagusnya pake swingarm apa yah bro?trus gearnya pake yg brp yah bro?mohon recomendasinya bro?buat bahan prtimbbangan......

    BalasHapus
  38. Bos kalau ban belakang 130/70-17 & ban depan 90/80-17, yg bener yang mana rasio gear nya , 14-45 atau 15-46, ??????

    BalasHapus
  39. Bro, apa gak D1 = Ukuran velg x 25.4 + 2 x (Lebar Ban x Tinggi Ban / 100) ?

    Alasannya:
    - Ukuran velg adalah diameter velg dalam inchi
    - Tinggi/tebal ban (lebar ban x tinggi ban / 100) itu tiap sisi ban. Artinya kan tiap sisi jari2 roda
    - Jadi untuk Diameter mestinya dikalikan 2.

    Mohon pencerahannya. terima kasih Tri/Malang

    BalasHapus
  40. Mas bro saya mau minta saran nih cibi saya msh standar rencana pengen ganti ban yang agak gede ( ban tapak lebar ) baiknya untuk ban yang depan pake ukuran berapa dan yang belakang pake ukuran berapa ya mas bro klu da diganti ban tapak lebar perlu diganti rasio gear nya juga ? Ditunggu masukannya mas bro.mksh

    BalasHapus
  41. bro ane mau nanya ne kalo sprocket belakang cb150r sama verza sama ga?mksudnya dudukan bautnya?

    BalasHapus
  42. Permisi mas bro . Mungkin pertanya saya bukan tentang motor CB . Tapi melainkan tentang motor honda c70 . Kira kira . Bagaimana caranya supaya ban dpan ukuran 120/70 17 dan ban belakang 160/70 17 . Bisa masuk di motor honda c70 .

    Terima kasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti arm, ganti velg. Dan kayaknya, harus ganti shock depan yang agak lebar

      Fz

      Hapus
  43. Makasih bro. Saya baru mampu beli kredit motornya bro. Saya berterima kasih atas hasil hitungannya yang akurat dan memudahkan kawan-kawan yang hendak mengupgrade ban si CB 150R. Namun saya sementara ini masih tetap menggunakan velg dan ban standar pabrik. Itulah sudah sangat mantap brosist..salam

    BalasHapus
  44. klu yg cb warna merah dan putih diatas,ban belakang diisi dengan ban ukuran berapa?

    BalasHapus
  45. susah cari yg 47 untuk cb150r .. merk pa yg da mata 47 n hargany brp gan ...

    BalasHapus
  46. nah,,akhir Juni ini aku mau bwa CB ku pulang ke Lombok bos,,,ban depan & belakang uda ta' ganti...pkenya 110/70 sma 130/70....nah girnya enak pake kombinasi berapa ya..??? buat ke Lombak

    thanks

    BalasHapus
  47. oiya,,,berat ane sekitar 63 kg

    BalasHapus
  48. joss artikelnya

    BalasHapus
  49. bro minta arahannya yah, saya udh ganti velg lebar ukuran ban belakang 130/70-17 depan 110/70-17 tapi gear masih pake yg asli bawaan CB150R. menurut bro ganti apa tidak? kalau harus diganti ukurannya berapa? thx

    BalasHapus
  50. Nah maksud dari gear 46 tuh kaya gemana?beli gear lagi?kalo sinnob oke ga? Hihi

    BalasHapus
  51. mas mau tanya nih.
    1. kalo ban depan diganti ukuran 90/80 dan belakang 120/80, apakah harus ganti gear juga biar ga berat?

    BalasHapus
  52. om...mau tnya ni...
    ini velk sya udah ganti....pnya ninja karbu...ban blakang uk 130/70 dan dpan 100/70 om...
    berapan ukuran untuk ganti gear sett om....
    mksih om...

    BalasHapus

- Komentar Dengan Bijak
- Gunakan Bahasa yang Sopan
- Dilarang Berkomentar Kasar
- Dilarang SARA
Salam Streetfire-150