Selasa, 08 Oktober 2013

Tips Merawat Keawetan Ban Motor

Assalamualaikum

            Akhir-akhir ini saya sering dapat pertanyaan seputar ban dari para pemirsa dan komentator, soal pemasangan ban yang berdiameter besar dll. Nah sekarang yang akan saya angkat menjadi topik untuki dibahas adalah Tips Merawat Keawetan Ban Motor, jadi bagi bro bikers semua yang ingin mengganti banpun harus memperhatikan bagaimana cara merawatnya karena bagaimanapun juga ban itu adalah bagian paling krusial dan paling vital pada motor serta harga ban pun tidaklah murah, jadi ada baiknya kita bisa merawat ban kita dengan lebih baik lagi. (Impresi Menggunakan Ban Tapak Lebar pada CB150)

            Karena ban itu sesuatu yang paling penting pada motor kita, maka sebaiknya kita tidak terlalu berlebihan dalam merubah penampilan pada sektor ban (seperti mengganti dengan ban yang berdiameter kecil). Ban yang tidak sesuai dengan ukuran motornya sendiri akan berbahaya, karena bisa menyebabkan kecelakaan yang fatal misalnya kita bayangkan saja berat motor kita diatas 100KG (CB150R 129KG) ditambah berat pengendara 50-90KG dan ditambah lagi beban orang yang kita bonceng mungkin beban yang ditanggung oleh motor kita diatas 200KG namun dibantu dengan adanya shockbreaker yang sekaligus sebagai per peredam kejut untuk motor kita.
Kembali lagi pada topik utama yaitu menjaga keawetan ban motor kita, maka langsung saja saya akan sampaikan beberapa point penting yang bisa kita lakukan, yaitu :

  • Gunakan Nitrogen
            Hampir semua SPBU sekarang menyediakan fasilitas tambal ban dan isi nitrogen pada ban kendaraan. Pada beberapa tahun lalu penggunaan nitrogen pada ban masih terbilang mahal dan banyak yang tidak mengetahui manfaat pentingnya. Namun sekarang pengisian nitrogen untuk motor yaitu Rp. 5000,00 dan Rp. 2500,00 untuk penambahan nitrogen.
Apa pentingnya Nitrogen? berikut fakta pentingnya nitrogen :
  1. Tekanan ban lebih stabil karena besarnya molekul Nitrogen dibandingkan Oxygen biasa;
  2. Irit BBM dan handling lebih mudah, ini terjadi karena tekanan ban yang stabil sehingga ban menempel lebih sempurna di aspal jalanan jadi motorpun akan terasa lebih ringan dan mudah dikendalikan;
  3. Suhu ban lebih dingin, menjadi nilai lebih untuk nitrogen karena suhunya lebih rendah dibanding oksigen. Dengan memakai nitrogen suhu udara dalam ban tidak naik turun, sehingga ban juga terhindar dari risiko ban meledak karena kepanasan;
  4. Tidak membuat velg berkarat, ini terjadi karena nitrogen tidak memiliki kandungan air seperti oxygen, sehingga akan terjaga dari timbulnya karat;

  • Selalu Bersihkan Batu yang ada Disela-sela Ban Motor
            Hal yang jarang atau bahkan tidak pernah dilakukan oleh pemilik motor kebanyakan yakni membersihkan batu di sela-sela ban. Jangan anggap enteng hal ini bro bikers, karena batu yang menempel pada sela-sela ban itu akan mempercepat kerusakan ban motor kita.

  • Hindari Lubang Besar di Jalan
            Kita semua tahu bagaimana kondisi jalan raya di Indonesia bukan? Maka jagalah ban motor kita dari lubang di jalan. Sebab lubang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban mobil kita, melainkan juga akan mengganggu keseimbangan atau balance dari ban motor.

  • Perhatikan Limit Bobot pada Ban Motor
            Ban motor memiliki batas beban maksimal yang tertera di bagian samping ban. Jangan berlebihan dalam membawa suatu barang dengan motor, hal ini bisa membuat umur ban semakin pendek karena menahan beban yang melebihi batas maksimal.

  • Kurangi Kebiasaan Mengebut saat Berkendara
Ini merupakan faktor terpenting karena cara mengemudi dari pengendara juga bisa mempengaruhi keawetan ban tersebut. Hindari mengebut dijalan karena juka semakin sering kita mengebut dijalan maka semakin sering pula ban kita bergesekan dengan aspal yang kasar pada kecepatan tinggi.

Begitulah beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk menjaga keawetan ban kita, karena jika umur ban kita panjang maka pengeluaran kita bisa sedikit berkurang. Cara-cara diatas tadi tidaklah harus diterapkan semua, dan sayapun tidak mengharuskan bro bikers semua melakukanya tapi alangkah baiknya jika kita dengan bijak bisa melakukan itu untuk kepentingan kita dan motor kita sendiri.

Thank You very much and Keep the fire burn the roads!

3 komentar:

- Komentar Dengan Bijak
- Gunakan Bahasa yang Sopan
- Dilarang Berkomentar Kasar
- Dilarang SARA
Salam Streetfire-150